Dapatkah anda membayangkan bagaimana suasana ketika anda pergi memancing?
Hembusan angin pegunungan atau lautan, suara gemericik air, dan tentunya
tantangan yang anda dapatkan ketika bertarung dengan ikan yang terkail oleh
alat pancing anda. Reel Fishing Angler’s Dream, sebuah game yang dirilis
Natsume untuk konsol Nintendo Wii menghadirkan semua sensasi memancing ke dalam
layar kaca anda.
Digarap oleh perusahaan Natsume, yang membuat RPG
Simulasi terkenal, yaitu serial Harvest Moon dan Rune Factory dan tim Open
Sesame, yang telah expert dalam
bidang game simulasi memancing, Reel Fishing Angler’s Dream memberikan pemain
pengalaman memancing dalam environmentgrafis 3D yang super-detail, AI ikan yang bergerak
layaknya ikan asli dan sound-effect yang
mirip dengan suasana alam tempat memancing sebenarnya. Pemain tidak akan
merasakan Reel Fishing Angler’s Dream adalah sebuah game, namun, inilah
simulasi memancing yang nyata.
Dalam game ini, pemain berperan sebagai pemancing
yang sedang berguru pada seorang master memancing yang tinggal di sebuah rumah
kayu di tengah gunung. Pemain akan diberikan berbagai tantangan oleh sang
master pada setiap tempat memancing yang tersedia pada game. Tersedia banyak
lokasi memancing, mulai danau berair tenang, sungai yang berarus deras, hingga
laut tropis. Terdapat sekitar 100 jenis kail dan peralatan memancing dan
berbagai spesies ikan yang harus ditaklukkan di game ini.
Tidak hanya memancing, dalam game ini terdapat
fitur untuk menyimpan ikan tangkapan pemain dalam 3 jenis akuarium. Akuarium
air laut untuk memelihara ikan laut, akuarium air tawar untuk memelihara ikan
yang tinggal di perairan tenang seperti danau, dan akuarium air tawar berarus
untuk memelihara ikan yang tinggal di perairan berarus deras seperti sungai.
Tersedia pula Joystick Nintendo Wii berbentuk
joran pancing untuk melipatgandakan sensasi nyata yang anda dapatkan saat
memancing di Reel Fishing: Angler’s Dream.
Unsur realitas dalam
game
Realitas fakta dalam game
Pada Game Reel Fishing:
Angler’s Dream disimulasikan kejadian – kejadian yang nyata, misalnya :
Pada akuarium :
·
Pemain memiliki
akuarium untuk memelihara ikan, setiap akuarium memiliki jenis tertentu yang
hanya bisa dimasuki ikan yang jenisnya sesuai dengan akuarium. Misal, ikan laut
hanya bisa dipelihara di akuarium air laut.
Tentang musim memancing :
·
Pada game ini terdapat
variabel waktu, ikan hanya bisa dipancing pada waktu musimnya saja, jika tidak
pada musimnya, ikan tidak akan muncul.
·
Ukuran ikan yang muncul
juga tergantung musim ikan. Di awal musim, ikan yang muncul biasanya berukuran
kecil sampai sedang. Di akhir musim, ikan yang muncul besar – besar, namun
semakin jarang muncul atau sulit dipancing.
Tentang pola dan perilaku ikan :
·
Ikan memiliki umpan
favoritnya tersendiri, jika umpan yang digunakan benar, maka besar kemungkinannya
mendapatkan ikan tersebut.
·
Ikan yang terpancing
akan melakukan perlawanan, ikan yang besar dan kuat bahkan bisa memutuskan
senar pancing.
Realitas sebab akibat dalam game
Terdapat pula simulasi yang menyatakan hubungan sebab-akibat atau urutan
pada game ini, diantaranya :
·
Pemain harus
menyelesaikan tantangan memancing yang lebih mudah dulu, untuk membuka stage
yang lebih sulit.
·
Ikan yang dipelihara di
akuarium jika tidak diberi makan kesehatannya akan menurun, dan lama – lama
akan mati.
Realitas fisika
Terdapat juga hukum – hukum fisika yang diimplementasikan untuk menambah
unsur real pada game ini, seperti:
·
Senar pancing memiliki
beban maksimum yang bisa ditahan, jika ikan meronta terlalu kuat, maka senar
pancing bisa putus. Untuk mengatasi hal ini, terdapat opsi untuk menegangkan
dan mengendurkan tekanan pada senar pancing, sehingga bisa mengurangi beban
dari ikan.
·
Jika ikan melompat
keluar dari permukaan air, maka akan terdapat animasi cipratan air.
0 komentar:
Posting Komentar